Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Door to door! Pemdes Pasongsongan Bersama Petugas Giat Lakukan Regsosek

 

Sekdes Pasongsongan (A. Nur Hasanudin) bersama petugas lakukan regsosek di rumah warga desa pasongsongan

www.milenial.web.id

Dalam rangka membangun data kependudukan tunggal, atau satu data agar dapat melaksanakan berbagai program secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien. Tim Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Desa Pasongsongan giat melaksanakan pendataan secara door to door di rumah warga.

Hari ini (Senin, 17/10/2022) petugas pendataan bersama sekdes kembali turun lapangan mendatangi setiap rumah penduduk untuk melakukan wawancara dan mencatat data sosial ekonomi masyarakat.

Saat dikonfirmasi, A. Nur Hasanuddin menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya regsosek adalah untuk menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masyarakat, sebagai data rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi, serta peningkatan pelayanan publik.

“Pendataan awal Regsosek ini merupakan pendataan seluruh penduduk yang mencakup seluruh profil dan kondisi sosial ekonomi, seperti kondisi sosioekonomi geografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan, dan informasi sosial ekonomi lainnya,” terangnya.

“Hasil Regsosek akan menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk yang akan membantu meningkatkan keefektifan program-program intervensi pemerintah,” tambahnya.

Sedangkan Kepala Desa Pasongsongan, Akhmad Saleh Harianto menuturkan bahwa semua masyarakat diharapkan menerima dengan baik kedatangan para petugas Regsosek 2022.

"Pada pelaksanaan yang dilakukan secara door to door itu, masyarakat diharapkan bisa memberikan informasi yang apa adanya sesuai dengan kondisi masing-masing," paparnya.

Sebagai tambahan informasi bahwa Badan Pusat Statistik (BPS) pada tanggal 15 Okt - 14 Nov 2022 akan melaksanakan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di seluruh provinsi di Indonesia.

Sesuai jadwal dari BPS, desa pasongsongan juga telah menjalankan program ini sejak sabtu (15 Okt 2022) dan akan berkhir pada Senin (14 Nov 2022) mendatang.

(Roz/Den)

Posting Komentar untuk "Door to door! Pemdes Pasongsongan Bersama Petugas Giat Lakukan Regsosek"