Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosialisasi Pemutakhiran Data Objek PBB-P2 di Desa Panaongan, Begini Penjelasan Sekcam Pasongsongan

 


www.milenial.web.id

Dalam rangka meningkatkan validitas dan pengembangan Basis Data Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), maka BPPKAD Kab. Sumenep melaksanakan Kegiatan Pemutakhiran Data Objek Pajak PBB-P2.

Kali ini, Sosialisasi Pelaksanaan Pemutakhiran Data Objek Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dilaksanakan di Desa Panaongan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Bertempat di Balai Desa Panaongan (Jum'at, 09/09/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Kabid P3 dan Evaluasi Pendapatan Daerah BPPKAD Kab. Sumenep, Sekcam Pasongsongan, Pemdes Panaongan, serta perwakilan tokoh masyarakat Desa Panaongan.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan Sosialisasi/Penyuluhan kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat. 

Menurut Sekretaris Camat (Sekcam) Pasongsongan Fariz Aulia Utomo, S.STP., M.Si., menjelaskan, bahwa dalam kegiatan pemutakhiran ini, salah satunya juga sebagai rangkaian kegiatan sebelum masuk pada Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Untuk diketahui bahwa Pemkab Sumenep telah bekerja sama dengan BPN Sumenep dalam pelaksanaan Program PTSL se-Kabupaten Sumenep.

Setelah dilakukan pengukuran ulang seluruh bidang tanah di Desa Panaongan dan update data objek pajak sehingga nantinya tersusun Peta Desa yang valid dan selanjutnya baru bisa dilaksanakan Program PTSL atau Pensertifikatan Tanah.

Tak lupa pula disampaikan bahwa persyaratan lain untuk bisa melaksanakan Program PTSL, yaitu harus lunas PBB-P2. Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh masyarakat/objek pajak untuk segera melunasi PBB-P2.

Hal ini pula menjawab terhadap sebagian permasalahan sengketa tanah yang terjadi dikarenakan masih banyak tanah-tanah yang belum bersertifikat.

"Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh masyarakat agar mendukung adanya program ini, sehingga masyarakat akan lebih tenang apabila legalitas kepemilikan tanahnya lebih jelas dalam bentuk sertifikat tanah", paparnya.

Lebih lanjut, Fariz (panggilan akrabnya) menuturkan bahwa, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa dalam hal ini, sangat mengapresiasi dan menyambut baik dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh BPPKAD Kab. Sumenep ini.

"Tentunya hal ini yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Kami siap mendukung terhadap kelancaran dan kesuksesan  pelaksanaan kegiatan ini, sesuai dengan tagline Pemkab Sumenep. Bismillah melayani", imbuhnya dengan penuh semangat.

Hal ini juga diamini oleh Kadus dan tokoh masyarakat yang hadir, serta siap turun ke masyarakat untuk memberikan pemahaman.

Sebagai tambahan informasi, dari 10 desa se-Kecamatan Pasongsongan, 5 desa telah dan sedang melaksanakan pemutakhiran data. Dari 5 desa tersebut, 2 desa telah melaksanakan Program PTSL. Adapun targetnya 10 desa se-Kecamatan Pasongsongan tuntas melaksanakan Program PTSL.

"Semoga bisa segera terealisasi", pungkasnya.

(Roz/Den)

Posting Komentar untuk "Sosialisasi Pemutakhiran Data Objek PBB-P2 di Desa Panaongan, Begini Penjelasan Sekcam Pasongsongan "