Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ra. Achmad Fauzi Hadiri Realisasi Program Sertifikasi Hak Atas Tanah Nelayan Desa Padangdangan

 

www.milenial.web.id

Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Perikanan membagikan seratus sertifikat tanah pada nelayan Desa Padangdangan Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep. Penyerahan sertifikat tanah ini merupakan realisasi program Sertifikasi Hak Atas Tanah Nelayan (Sehat Nelayan).

Tampak hadir dalam moment ini, Bupati Sumenep Ra. Achmad Fauzi, Kepala Dinas Perikanan Kab. Sumenep, Camat beserta Sekcam Pasongsongan, Danramil, dan Kapolsek Pasongsongan.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan harapannya agar setelah sertifikat tersebut diterima, para nelayan dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya antara lain untuk peningkatan modal usaha dalam bidang penangkapan ikan sehingga kesejahteraan keluarga nelayan dapat meningkat. Sertifikat tersebut juga merupakan bukti kepemilikan yang sudah diakui secara hukum.

“Sampai saat ini masih banyak tanah yang tidak bersertifikat, sehingga rentan terjadinya konflik pertanahan. Memang benar itu tanah kita, tetapi kalau tidak berrsertifikat, dikhawatirkan akan menjadi masalah di kemudian hari, termasuk tanah-tanah  milik nelayan ini,” jelasnya.

Di Kabupaten Sumenep sejak 2020-2021 sudah ada 1.259 bidang tanah yang diusulkan untuk bersertifikat. Rinciannya, tahun 2020 sebanyak 400 bidang usulan, tahun 2021, 650 bidang dan tahun 2022 sebanyak 200 bidang.

“Sebanyak 400 sertifikat berasal dari kecamatan Pasongsongan. Alhamdulillah sertifikat yang sudah selesai telah diserahterimakan kepada yang berhak menerima,” imbuhnya.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Kab. Sumenep bahwa, dengan sertifikat tanah ini, memberikan jaminan hukum atas tanahnya, sehingga kehidupan masyarakat lebih bermartabat, bahkan manakala tanah telah bersertifikat tentunya mempunyai nilai lebih tinggi daripada tidak bersertifikat.

Pemberian sertifikat tanah nelayan merupakan hasil kinerja dari Badan pertanahan nasional dan dinas perikanan Kabupaten Sumenep.

(Roz/Den)

Posting Komentar untuk "Ra. Achmad Fauzi Hadiri Realisasi Program Sertifikasi Hak Atas Tanah Nelayan Desa Padangdangan"