Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemdes Pasongsongan Laksanakan Musyawarah Desa Penyusunan RKP-Desa TA. 2023

 

www.milenial.web.id

Pemerintah Desa Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun Anggaran 2023. Bertempat di Balai Desa setempat (Senin, 12/09/2022)

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Forpimka Kec. Pasongsongan, Kepala Desa Pasongsongan, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur unsur masyarakat serta lembaga kemasyarakatan.

Musdes RKP Desa dilaksanakan untuk menentukan arah kebijakan pemerintah desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan maupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun berikutnya.

UU Desa mengalokasikan sumber daya keuangan ke desa berdasarkan prinsip pengakuan dan subsidiaritas. Dan MusDes Perencanaan Desa (RKP Desa) merupakan kegiatan tahunan bertujuan untuk menetapkan prioritas belanja desa. Dengan demikian, musdes akan efektif jika seluruh sumber pendanaan yang signifikan bagi desa telah diketahui oleh desa yaitu setelah RKP (nasional) dan RKPD/ KUA PPAS (daerah) ditetapkan sebelum bulan juni. Berdasarkan kedua informasi tersebut maka perkiraan dana yang akan diperoleh desa bisa diketahui/diinformasikan kepada desa.

Penjelasan tersebut menjadi dasar mengapa musdes  RKPDesa  prosesnya dimulai dari bulan juni sampai dengan bulan september tahun berjalan harus sudah di perdeskan, yang tahapannya meliputi: Penyusunan perencanaan pembangunan Desa melalui musyawarah Desa; Pembentukan tim penyusun RKP Desa; Pencermatan pagu indikatif Desa dan penyelarasan program/kegiatan masuk ke Desa; Pencermatan ulang dokumen RPJM Desa; Penyusunan rancangan RKP Desa; Penyusunan RKP Desa melalui musyawarah perencanaan pembangunan Desa; Penetapan RKP Desa; Perubahan RKP Desa; dan Pengajuan daftar usulan RKP Desa.

(Den/Roz)

Posting Komentar untuk "Pemdes Pasongsongan Laksanakan Musyawarah Desa Penyusunan RKP-Desa TA. 2023"