Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fantastis! Sebanyak 365 Lansia, Ikuti Posyandu Lansia di Balai Desa Soddara

 

www.milenial.web.id

Posyandu lansia memiliki peran penting untuk menjaga kualitas hidup lansia di masyarakat. Selain memberikan pelayanan kesehatan, unit pelayanan terkecil ini juga akan memfasilitasi berbagai kegiatan non-medis agar lansia memiliki wadah untuk berkarya dan berkegiatan.

Pos pelayanan terpadu atau yang sering disebut sebagai Posyandu seringkali hanya dianggap berhubungan dengan bayi dan ibu hamil. Padahal, Posyandu lansia juga bisa dibentuk terutama jika di area tersebut banyak terdapat warga lanjut usia.

Hari ini (Selasa, 21 Juni 2022), Pemerintah Desa Soddara bersama Kader Lansia dan tim medis Puskesmas Pasongsongan melaksanakan kegiatan posyandu untuk lansia, bertempat di Balai Desa Soddara. Kegiatan ini diikuti oleh 362 lansia yang didampingi oleh masing-masing Kepala Dusun / RT.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Soddara, segenap Perangkat Desa, Kader Lansia serta sejumlah tenaga medis dari Puskesmas Pasongsongan.

Tim medis dimaksud adalah Dian Fatmawati dan Isfa' Nur Aisiyah, sedangkan kader lansia Desa Soddara di anataranya, Nurul Azizah (Bagian Obat), Yeti Yusmaliya (BagianTensi Darah), Titik Andriyani (Bagian Pendaftaran), Suzana Fajariyah (Bagian Ppenimbangan), serta Reni Maradela (Bagian Pengukuran Tinggi Badan dan Lingkaran Perut).

Kepala Desa Soddara, Suhanto menghimbau kepada semua Kepala Dusun / RT setempat, agar masyarakat desanya yang telah lanjut usia disupport untuk mengikuti posyandu lansia guna kesehatannya terjaga.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Soddara juga memberikan makanan tambahan untuk lansia yang diwakili oleh Kepala Dusun Paowan, Dihan Mulyadi, SH.

Lebih lanjut, Suhanto juga menjelaskan bahwa pelayanan yang diberikan oleh posyandu lansia melalui program dan kadernya pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit.

Di daerah yang memiliki posyandu lansia, kadernya akan memantau kesehatan lansia yang ada di daerah itu secara individual dan detail. Umumnya, akan ada kartu atau buku yang digunakan untuk mencatat status kesehatan dan pola hidup para lansia.

(Roz/Den)

Posting Komentar untuk "Fantastis! Sebanyak 365 Lansia, Ikuti Posyandu Lansia di Balai Desa Soddara"