Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SDN. Pasongsongan IV Santuni Anak Yatim dan Dhuafa saat Acara Puncak Kegiatan Pondok Ramadhan

 

Moment pelaksanaan santunan anak yatim dan dhuafa SDN. Pasongsongan IV
www.milenial.web.id

Memanfaatkan momentum Ramadhan 1443 H., SDN. Pasongsongan IV melaksanakan serangkain kegiatan keagamaan berupa Pondok Ramadhan guna membentuk karakter dan keimanan siswa.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SDN. Pasongsongan IV yang dilaksanakan  selama tiga hari berturut-turut, dimulai sejak hari Selasa 19 s/d Kamis 21 April 2022.

Menurut salah satu Panitia Pondok Ramadhan, Ning Ani Farida, S.Pd.SD., kepada KIM Milenial mengatakan, bahwa kegiatan keagamaan pada bulan ramadhan merupakan rutinitas yang dilakukan di SDN. Pasongsongan IV setiap tahunnya.

Adapun materi kegiatan kali ini diantaranya; Hari Pertama: Pembukaan, Tausiyah, Shalat Duha, Kajian Fiqih Puasa, dan Tadarus Al-Qur'an. Hari Kedua: Shalat Duha, Kajian Tarawih, Tadarus Al-Qur'an, dan Hafalan Surat-surat Pendek. Hari Ketiga: Shalat Duha, Kajian Zakat Fitrah, Tadarus Al-Qur'an, Hafalan Do'a-do'a, serta Buka Bersama

Lebih lanjut, Ibu Ida (Sapaan akrab_Red), menuturkan bahwa di hari ketiga merupakan puncak kegiatan yang spesial, karena hari itu juga dilaksanakan santunan untuk Anak Yatim dan Dhua'afa yang dikemas dengan Tema "Indahnya Berbagi bersama Anak Yatim dan Dhu'afa".

Kegiatan pembukaan pondok ramadhan

Kegiatan Shalat Dhuha

Kajian seputar Ramadhan

Tadarus Al-Qur'an

Buka Bersama

Pemberian santunan

Sementara itu Kepala SDN. Pasongsongan IV, H. Akhmad Busri, S.Pd., M.Pd., menegaskan bahwa selama kegiatan Pondok Ramadhan digelar tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Menurutnya, kegiatan Pondok Ramadhan guna memberi pemahaman secara menyeluruh tentang keutamaan dan pentingnya Bulan Ramadhan dengan melakukan kegiatan yang positif. Serta untuk meningkatkan amal ibadah peserta didik guna membentuk kepribadian peserta didik baik jasmani maupun rohani.

Kemudian memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang ajaran agama dan bagaimana mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari, mengisi waktu luang dengan memperdalam iman dan taqwa.

"Semoga kegiatan yang baik ini diridhai oleh Allah SWT., dan membawa manfaat bagi seluruh warga SDN. Pasongsongan IV", pungkasnya.


Kontributor: Maisarah

Editor: KIM Milenial

Posting Komentar untuk "SDN. Pasongsongan IV Santuni Anak Yatim dan Dhuafa saat Acara Puncak Kegiatan Pondok Ramadhan"