Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wabup Sumenep, Sambangi Lahan Pisang Cavendis BUMDes "Jaya Samudra" Pasongsongan

 


KIM Milenial - Pasongsongan

Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah menyambagi lahan pertanian dan perkebunan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) "Jaya Samudra" Desa Pasongsongan Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep, pada hari Senin (07 Juni 2021).

Dalam kunjungannya, Nyi Eva (Panggilan akrab Wabup Sumenep) tersebut didampingi oleh Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kab. Sumenep.

Pada kesempatan ini, Beliau menyampaikan apresiasasi kepada pemerintah Desa Pasongsongan yang telah berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di bidang pertanian dan perkebunan melalui pengelolaan BUMDes.

Kepala Desa Pasongsongan, Akhmad Saleh Hariyanto bersama BPP Kec. Pasongsongan ikut serta mendampingi di areal pertanian dan perkebunan BUMDes yang berlokasi di Tanah Percaton lapangan Sawunggaling Desa Pasongsongan tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Pasongsongan menjelaskan bahwa lahan tersebut merupakan Tanah Kas Desa (TKD) yang sebelumnya merupakan lahan kosong.

"Lahan itu adalah Tanah Kas Desa (Percaton_Red), yang pada mulanya lahan kosong, namun saat ini kami manfaatkan untuk lahan pertanian dan perkebunan yang dikelola oleh BUMDes", terangnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, ada pesan penting yang hendak disampaikan kepada masyarakat Desa Pasongsongan, bahwa selain untuk usaha desa, pertanian dan perkebunan itu merupakan upaya edukasi bagi masyarakat.

"Sebelumnya, sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Pasongsongan adalah sebagai nelayan. Mereka sangat bergantung pada hasil laut yang terkadang tidak bisa bekerja saat cuaca buruk. Mereka membiarkan ladang yang dimiliki menjadi lahan kosong, namun dengan adanya pertanian dan perkebunan yang dikelola BUMDes ini menjadi contoh dan bukti riil bahwa tanah di daerah ini masih bisa dimanfaatkan dan produktif", jelasnya.

Kontributor: Mulyadi

Editor: Roz


Posting Komentar untuk "Wabup Sumenep, Sambangi Lahan Pisang Cavendis BUMDes "Jaya Samudra" Pasongsongan"

Banner Iklan Pemdes