Selasa, 20 April 2021

Pernah Dengar Istilah "CENGART"??? Inilah Inspirasi Karang Taruna GEMPASS Biasakan Berbagi di Bulan Suci

 


KIM Milenial-Pasongsongan

Momentum bulan suci Ramadhan menjadi ajang untuk menata hati menjadi insan yang pandai bersyukur, tidak mengeluh dengan keadaan dan mau berbagi dengan sesama tanpa harus menunggu kaya. Inilah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Gerakan Muda Pasongsongsongan (GEMPASS) khususnya Divisi Kerohanian yang di komando oleh Akhmad Junaidi dan kawan-kawan.

Karang Taruna GEMPASS memfasilitasi semua anggotanya untuk menyisihkan sebagian rezeki yang dimilikinya untuk disalurkan pada Masjid-Masjid dan kaum dhu'afa' yang ada di Desa Pasongsongan. Kegiatan ini disebut dengan "Celengan Akhirat" (CENGART). 

Amirul Fathoni, selaku Ketua Karang Taruna menjelaskan, bahwa semua anggota diimbau untuk membuat celengan pribadi di rumah masing-masing dan mengisinya dengan ikhlas untuk dikumpulkan setiap setengah bulan sekali.

"Kegiatan CENGART ini sebenarnya bertujuan utk melatih teman-teman Karang Taruna GEMPASS utk bisa menyisihkan sebagian dari rezeki yang diperoleh utk bisa berbagi dengan sesama, jadi Kegiatan CENGART ini diperoleh dari  teman-teman karang taruna sendiri yang dikumpulkan setiap setengah bulan sekali", jelasnya, Senin, 19 April 2021.

Lebih lanjut Ia menceritakan dari kebiasaan yang sederhana itu (dari uang logam yang dikumpulkan sedikit demi sedikit setiap pertemuan rutin Karang Taruna), berhasil mengumpulkan uang sekitar 200.000 - 300.000. Sedangkan Penyaluran Atau pendistribusian dari kegiatan CENGART ini untuk sementara difokuskan pada Masjid.

"Alhamdulillah untuk Masjid yang ada di Dusun Sempong Barat,  Dusun Sempong Timur, Dusun Tolabang, dan Dusun Pakotan  sudah selesai dilaksanakan. Tinggal Dusun Lebak dan Dusun Morassen yang belum. InsyaAllah dalam Minggu ini, pas di bulan Suci Ramadhan semua Masjid bisa selesai", tuturnya.


Menurutnya, saat ini makin banyak donatur dari luar yang ikut berpartisipasi dan menyisihkan sebagian rezekinya pada kegiatan CENGART. Oleh sebab itu, untuk selanjutnya selain Masjid akan diagendakan untuk berbagi dengan yang lain khususnya para fakir miskin yang ada di Desa Pasongsongan.

"Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini, walaupun tidak besar bisa bermanfaat bagi orang banyak dan bisa menginspirasi para pemuda-pemudi Desa Pasongsongan khususnya, agar bisa juga berbagi dengan yang lain walaupun hanya sebiji kurma", pungkasnya.

(Roz/Den)


0 Comments

Posting Komentar