Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersama Polres Sumenep, Desa Pasongsongan Launching Kampung Tangguh Semeru

 


KIM Milenial-Pasongsongan

Kampung Tangguh Semeru merupakan program unggulan Polda Jawa Timur, sebagai upaya melawan penyebaran virus Covid-19 yang dilakukan mulai dari lingkup terkecil, yakni dari desa dan warga sekitar. Program ini akhirnya diadopsi secara nasional dengan nama Kampung Tangguh Nusantara, karena dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menangkal Covid-19.

Jum'at, 29 Januari 2021 Desa Pasongsongan Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep melakukan launching Kampung Tangguh Semeru, Kampung Tangguh Narkoba, Pisang Tangguh Bhabinkamtibmas, dan Kampung Tangguh Demokrasi. Bertempat di Balai Desa setempat.

Dalam sambutannya, Kapolres Sumenep AKBP Darman, SIK menjelaskan bahwa launching Kampung Tangguh Semeru, Pisang Tangguh Bhabinkamtibmas, Kampung Tangguh Narkoba, dan Kampung Tangguh Demokrasi adalah untuk menambah atau menunjang ketahanan pangan di kampung tangguh, sehingga dampak pandemi Covid-19 tidak berpengaruh kepada kehidupan perekonomian masyarakat.

Kampung Tangguh Semeru, berbasis gotong royong dan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan Covid-19 di daerahnya. Sedangkan terkait Kampung Tangguh Demokrasi tugasnya adalah untuk menyelesaikan setiap permasalahan sekecil apapun yang berpotensi menimbulkan konflik di Desa, bisa diselesaikan di Desa dan tidak harus ke Ranah Kepolisian.

Terkait Pisang Tangguh Bhabinkamtibmas, Ia menjelaskan bahwa tujuan utama dari program tersebut adalah untuk membangun komunikasi yang lebih inten dengan masyarakat.

"Selama ini masih ada jarak antara masyarakat dengan aparat, dengan adanya program ini kami harap akan menjadi penyambung tali silaturrahmi dengan masyarakat", harapnya.

Merespon hal tersebut, dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Pasongsongan, Akhmad Saleh Hariyanto, S.Pt mengaku sangat terinspirasi dan ingin melanjutkannya dalam program desa ke depan.


Mengenai Kampung Tangguh Narkoba AKBP Darman, mengajak para relawan anti narkoba untuk mengembalikan Kabupaten Sumenep kembali menjadi kota santri dan terbebas dari narkoba.

"Mari kita selamatkan warga Sumenep dari narkoba", paparnya.

Terakhir Ia tekankan bahwa launching Kapung tangguh ini tidak hanya sebatas menggugurkan kewajiban dengan cukup memampang banner kampung tangguh, tapi harus ada langkah nyata untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang benar-benar tangguh. Roz/Den


Posting Komentar untuk "Bersama Polres Sumenep, Desa Pasongsongan Launching Kampung Tangguh Semeru"