Header Ads

Hebat! Bocah 12 Tahun SDN. Panaongan 1 Raih Juara III Lomba Menulis Cerita Rakyat Tingkat Kabupaten


KIM Milenial - Pasongsongan
Dalam rangka mengangkat dan melestarikan budaya tradisional di Kabupaten Sumenep, Dinas Pendidikan Kab. Sumenep menyelenggarakan Pelatihan dan Lomba Menulis Cerita Rakyat tingkat SD se-Kabupaten Sumenep. Tercatat ada 38 (tiga puluh delapan) peserta dalam gelaran tersebut yang merupakan delegasi-delegasi unggulan dari masing-masing kecamatan.

Untuk menjaga orisinilitas karya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta dalam rangkaian lomba yang dilaksanakan di bulan Desember 2019 ini. Bertempat di Gedung Gugus Kab. Sumenep. Peserta diwajibkan mengikuti pelatihan kepenulisan, kemudian dilanjutkan dengan penulisan naskah cerita.

Dari naskah-naskah yang terkumpul selanjutnya terpilih 6 (enam) nominator terbaik, diantaranya delegasi dari SDN. Panaongan I, SDN. Kebunan I, SDN. Pangarangan I, SDN. Gunung Kembar, SDN. Nyapar I, dan SDN. Saronggi I. Selanjutnya ke-enam nominator diseleksi lagi dengan sesi presentasi naskah cerita yang telah mereka tulis. Ada 3 (tiga) peserta yang keluar sebagai jawara dalam sesi terakhir. Di antaranya delegasi dari SDN. Panaongan I Kec. Pasongsongan.

Pemberian hadiah bagi para pemenang lomba dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep pada hari Selasa, 11 Februari 2020. Acara ini dilangsungkan saat pelaksanaa apel pagi. Hadiah berupa Uang pembinaan dan tropi yang di serahkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sumenep Drs. Carto, MM.

Kepala SDN. Panaongan I, Aminullah, M.Pd, mengaku sangat bangga terhadap siswanya karena mampu membawa nama baik Kecamatan Pasongsongan di tingkat kabupaten. Adapun bocah berusia  12 (dua belas) tahun itu adalah Afifatul Azizah dengan karyanya yang berjudul "Asal-usul Pasongsongan-Panaongan dan Wisata Pasongsongan Kabupaten Sumenep".

“Alhamdulillah, setelah melalui beberapa proses tahapan yang tidak mudah, akhirnya SDN. Panaongan I mampu mengharumkan nama Kecamatan Pasongsongan pada umumnya dan khususnya SDN. Panaongan I”, ujarnya, saat ditemui di Kantor SDN. Panaongan I.

Lebih lanjut, Aminullah menuturkan bahwa perwakilan dari Kecamatan Pasongsongan ada 3 (tiga) siswa, yaitu delegasi dari SDN. Panaongan I, SDN. Pasongsongan I, dan SDN. Padangdangan I. (Roz/Den)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.